Rabu, 20 Februari 2013

Man Jadda Wajada

Kalimat ini tampaknya memang sudah tidak asing lagi bagi kita, terlebih setelah dirilisnya film dan novel Negeri 5 Menara karangan Anwar Fuadi.

Mirip dengan yang dialami sang Penulis novel, kalimat ini juga merupakan kalimat pertama yang kami peroleh ketika belajar mahfuzhaat di Pesantren Sultan Hasanuddin yang tatkala itu diiringi dengan teriakan seluruh santri kelas VII-A (kelas kami). Man jadda wajada, man jadda wajada, man jadda wajada (barang siapa yang bersungguh-sungguh maka dapatlah ia).

Tentunya ada banyak kisah menarik yang mungkin teman-teman juga alami yang tentu saja senada dengan isi dari peribahasa bahasa arab tersebut. Karena memang tidak bisa dinafikan lagi bahwa kerja keras dan kesungguh-sungguhan pasti akan berbuah pada keberhasilan. Demikian halnya yang dialami oleh salah seorang kakak kelas saya, yang baru-baru ini diterima menjadi salah seorang dosen di Universitas Islam Negeri (UIN) Alauddin Makassar, yakni kanda Nurshalati Thahar yang lebih akrab disapa kak tati.

Kak Tati merupakan alumni MTs. PP Sultan Hasanuddin tahun 2003 (2 tahun di atas saya), kuliah S.1 di UIN jurusan Farmasi dan menyelesaikan studi nya pada tahun 2010 (kalau tidak salah, hhehe). Setelah meraih gelar sarjana, beliau melanjutkan studi S.2 sekaligus profesi Apoteker di Surakarta (Solo). Sebuah perjuangan yang cukup berat menurut saya, bahkan terbukti telah menurunkan bobot badan dari yang dulunya tulang belulang dibungkus selapis daging menjadi tulang yang langsung dibalut kulit. Hehehe..

Belum sampai di situ, setelah memperoleh magister dan apoteker, perjuangan kak tati berlanjut. Berangkat ke gorontalo, daftar jadi dosen di UNG, belum diterima. Entah kemana lagi setelah itu. Walhasil, akhirnya perjuangan dan kerja kerasnya dibayar oleh Allah S.W.T dan diterimalah dia menjadi dosen di UIN (back to kampung halaman, hehehe).

Selain kak Tati ini, masih banyak lagi pastinya orang-orang yang telah membuktikan secara langsung khasiat dari "man jadda wajada". Teman saya, Elvira, pernah kirim sms yang bunyinya "jangan pernah iri dengan kesuksesan orang lain karena mereka mendapatkannya dengan tekad dan kerja keras".
Untuk itu, teman-teman, mari kita berjuang juga dengan tekad dan kerja keras PASTI kita juga akan sukses.

Man yazra' yahshud (Barang siapa yang menanam, maka pasti dia akan memetik)
Mahfuzhaat.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar